Rabu, 08 April 2009

60 Tahun Bom Hiroshima, Korban Terus Menjerit


Bayangkan seperti apa rasanya jika anda tahu bahwa anak anda bermandikan debu radioaktif. Bagi mereka yang berada di Hiroshima pada 6 Agustus 1945, bayangan itu selalu menyertai jalan hidup mereka. Ini bukan sejarah bagi mereka. Ini merupakan keprihatinan dari hari kehari.

Keiko Ogura tinggal di pinggiran Hiroshima kecil saat Amerika menjatuhkan bom atom. "Saya tidak mempunyai bekas luka, tapi, saya memang menyimpan mimpi buruk," katanya.

Sebagaimana ribuan orang lain yang selamat dari bom atom, Keiko Ogura berhak mendapatkan pemeriksaan kesehatan oleh Komisi Korban Bom Atom dalam beberapa bulan setelah pemboman.

Setelah perang, Amerika menyediakan perawatan kesehatan bagi mereka yang terkena dampak. Tawaran ini memungkin para ilmuwan mengkaji dampak radiasi radioaktif terhadap manusia. "Beberapa kali mobil datang dan membawa saya ke pusat penelitian, tempat mereka memeriksa saya," tutur Ogura.

"Saya selalu merasakan ketakutan ini. Adakah sesuatu menghinggapi tubuh saya? Ketakutan itu menyangkut hal yang tak terlihat. Saya mengidap anemia ringan. Jadi, saya lalu tanyakan kepada diri saya, apa ini berkaitan dengan bom itu? Dan, kemudian saya renungkan masa depan saya, akankah saya bisa memiliki anak secara wajar."

Ketakutan Keiko Ogura tidaklah luar biasa. Anda bisa mendengar cerita-cerita semacam dari orang lain yang juga terkena hujan radioaktif saat masih anak-anak. Penelitian medisOrang-orang yang terjebak dalam peristiwa-peristiwa mengerikan Agustus 1945, dan anak cucu mereka, dipantau secara lebih seksama daripada orang-orang lain oleh para dokter dan ilmuwan.

"Ini adalah satu-satunya tempat kami bisa meneliti dampak reaksi pada tubuh manusia," kata Dr Saeko Fujiwara, dari Yayasan Penelitian Dampak Radiasi, RERF. "Kami mengkaji hubungan antara tingkat kadar terpaan (exposure) dan tingkat radiasi. Penelitian kami ini merupakan satu-satunya pengkajian epidemiologis besar-besaran yang bisa melakukan ini. Itulah sebabnya kami unik lain daripada yang lain."

Penelitian tersebut membantu ilmuwan menyusun panduan mengenai tingkat terpaan yang aman yang dipergunakan industri nuklir di seluruh dunia, misalnya. Penelitian Hiroshima membantu menentukan batas aman, kata Charles Waldren

Charles Waldren, seorang warga Amerika yang menjadi ilmuwan kepala di lembaga tersebut, yakin bahwa hampir setengah juta pekerja radiasi di Amerika dan sedikitnya sebanyak itu pula orang yang mendapat manfaat di Eropa. "Penelitian kami juga memungkinkan orang tetap bekerja pada tingkat terpaan yang dianggap aman untuk keselamatan umum," katanya.

"Saya rasa taksiran radiasi yang dipergunakan di banyak negara berasal dari data kami," katanya. Namun, pemantauan seksama terhadap warga Hiroshima, mereka yang terkena terpaan radioaktif dari ledakan itu serta anak cucu mereka, ini bukan masalah rasa ingin tahu keilmuan.

Ada kekhawatiran nyata terhadap mereka yang selama selagi usia mereka bertambah lanjut. Usia harapan hidup para hibakusha adalah 72 tahun. Ketika mereka terkena radiasi, mereka mengalami kerusakan pada gen mereka. Semakin dekat mereka dengan pusat ledakan, semakin parah dampak yang mengenai mereka.

Dalam banyak kasus, gen mereka memperbaiki diri. Mungkin bahwa perbaikan itu tidak sempurnan, sehingga mereka mungkin kemudian mengalami kanker pada usia tua.

Perawatan baru perlu segera ditemukan. "Radiasi memicu kerusakan genome," kata Profesor Kenji Kamiya, direktur lembaga penelitian radiasi, biologi dan kedokteran pada Hiroshima University.

"Pada sebagian orang masalah ini tidak pulih benar. Jadi, 60 tahun kemudian mereka mengidap masalah. Risiko tertinggi bagi korban bom atom untuk mengidap kanker ada pada orang-orang termuda yang terkena terpaan radiasi ledakan. Orang-orang itu kini mencapai usia ketika mereka akan lebih rentan mengidap kanker," katanya.

Ilmuwan memang telah menemukan solusinya, tapi lebih banyak penelitian diperlukan. "Kami mencoba mengembangkan teknologi genome baru, dan metode baru untuk diagnosis dan perawatan," kata Profesor Kamiya. "Kedokteran re-generatif menawarkan kemungkinan untuk memperbaiki kerusakan sel."

Jumlah kasus kanker di antara mereka yang selamat dari pemboman akan terus meningkat dalam beberapa tahun ke depan, dan mungkin mencapai puncal pada tahun 2020-an. "Itulah sebabnya kami harus bergeas mengembangkan perawatan baru untuk para pasien ini," tambanhnya.

Enam puluh setelah bom atom dijatuhkan, ilmu pengetahuan masih bekerja keras untuk menemukan cara mengatasi dampak lanjutannya. Dan, bagi mereka yang selamat seperti Keiko Ogura, itu berarti kecil peluang dalam waktu dekat ini, kegalauannya akan sirna.

Teknik Permainan Bola Basket

Teknik dasar permainan bola basket antara lain:
(1) Teknik melempar dan menangkap bola.

(2) Teknik menggiring bola.

(3) Teknik menembak.

(4) Teknik gerakan berporos.

(5) Teknik Lay-Up shoot.

(6) Teknik Rebound.

Teknik Melempar dan Menangkap Bola
1) Cara Memegang Bola Basket

2) Teknik Mengoper Bola yaitu sebagai berikut :
a) Mengoper Bola dengan Dua Tangan dari Depan Dada (Chest Pass)
b) Operan dari Atas Kepala
c) Operan Pantulan
d) Operan Samping
e) Operan Lengkung Samping

3) Teknik Menangkap Bola

4) Teknik Menggiring Bola (Dribbling)

Bentuk-bentuk menggiring bola basket adalah sebagai berikut
a) Menggiring bola tinggi (untuk kecepatan)
b) Menggiring bola rendah ( untuk mengontrol atau menguasai, terutama dengan pemain lawan dalam menerobos pertahanan lawan)
c) Menggiring campuran menurut kebutuhan. Perubahan dari menggiring tinggi dan rendah atau sebaliknya sangat dibutuhkan untuk gerakan tiba-tiba

Notting Hill - My 2 cents about LOVE

Setelah terlambat beberapa tahun (10 tahun, googled), akhirnya kemaren gue nonton Notting Hill juga, pinjem DVD roommie gue. Gue sendiri juga bingung berat, kenapa gue bisa ga nonton ni film? "When You Say Nothing at All" is my most favorite song EVER! (it's official now) Mau di karaoke, di manapun, bahkan kalau iPod gw randomly muter lagu ini, setiap kali gue denger intronya yang pake gitar itu, gue langsung bergidik dan ngomong 'aaaawww' baik itu bener-bener diomongin maupun dalem ati doank. Alasan lain yang bikin gue bingung adalah, gue pecinta berat Hugh Grant dan I always liked Julia Roberts' (and Sandra Bullock's) movies. Ya gitu deh... Chick flick... Cerita Cinderella postmodern yang bikin Cindy ABG nangis dan aaaaaawww dan selalu bilang 'I wish my love story was like that...'

Tapi setelah gue jadi skeptical dan rada 'sebel' sama yang namanya LOVE (don't ask), gue jadi yang 'huh?' kalo liat plot cerita kayak gini... MANA MUNGKIN, artis paling terkenal di dunia tiba2 dateng ke tempat kerja loe yang notabene adalah sebuah toko buku jelek?? Gitu deh... coincidence-nya terlalu fake. But still, adegan-adegannya bikin gue bisa tahan napas beberapa detik, di film ini terutama waktu mereka ciuman di ruang tamu waktu si Anna nginep. Endingnya? Bwek... happily ever after (kids, don't ever believe this). Bahkan setelah William ditipu dipermainkan dijebak diperangkap (kayak lagunya HELLO BAND Ular Berbisa neh) sebanyak 3x oleh si Anna. Ohya kids, jangan percaya juga sama LOVE AT FIRST SIGHT. Pokoknya kalo bisa jangan percaya deh sama yang namanya 'love will keep us alive', 'love is more powerful than anything in this world', 'love is beautiful' dan kata2 berlapis gula lainnya.

Gue jadi kebelet kaga tahan mau ngomong tentang L-O-V-E ini. TRUST ME! Love itu adalah produk Postmodern Era, sama seperti CHRISTMAS and VALENTINE'S DAY. Memang 3 hal yang gue sebutin ini adalah hal yang indah dan sakral... Tapi lihat apa yang terjadi sekarang: di hari Natal, orang tuker kado, shopping, party sampe mabok... Valentine's Day, mau difatwain haram sama MUI, jadi ajang promosi besar-besaran coklat-coklat murahan, padahal... tau ga sejarahnya V-day? Someone died on that day. Kalo LOVE, ga tau mau mulai dan berakhir di mana... apa sih yang ga bertema LOVE belakangan ini?? You name it deh...

Love menurut kamus gue, please refer to love in 18th Century CE. Love yang ada di abad 21, buat hiburan aja yang gue nikmati dalam bentuk film, lagu dan puisi gombal.

Twilight

Semua orang juga sudah tau kalo film yang diadaptasi dari novel pasti lebih jelek dari novel itu sendiri. So, gue bela-belain baca novelnya dulu dan menahan diri selama beberapa bulan untuk ngga nonton filmnya. I was probably the last person who watched it, hehe...

Twilight adalah novel pertama yang gue baca dalam beberapa tahun ini. I can't even remember what was the last novel before Twilight. Oleh karena itu gue sempet depresi membaca deskripsi yang terlalu berlebihan, pakai bahasa Inggris pula (Patty bilang versi Indonya kayak puisi gombal! hahahaha). Gue butuh waktu beberapa minggu untuk menyelesaikan novel 500 halaman itu. Pas baca sich gue kadang2 suka senyum2 dan berbunga2 sendiri karena kegombalan si Edward dan Bella yang I love you you love me all the time........

Dan, setelah menghabiskan novelnya dengan agak terburu-buru, gue nontonlah itu filmnya. Dan bayangkan, gue yang cape baca deskripsi selama beberapa minggu, gue nonton cerita yang sama dengan durasi dua jam saja.

Pertama, let's talk about Edward Cullen. Memang sich dia ganteng, tapi dia mukanya kayak orang ga boker 2 bulan. Melotot dan pucat banget... hahaha pucat sich emang sesuai novelnya tapi I don't remember di novelnya dibilang dia suka melotot. Trus memang kalau dia lagi ga melotot tatapan dia bisa bikin hati meleleh sich... But gue ga suka cara dia ngomong terlalu serius banget gue bahkan sempet mo ngakak karena gue kira dia somewhat like Fitri Tropica. hahahaha.... Yang gue bingung, ini aja udah dibuat ngga segombal novelnya, kalo iya, bisa kejang2 beneran nich fansnya Robert Pattison...

Kedua, Bella. Somehow muka dia mengingatkan gue pada pemeran Hermione dan Cinta Laura. Hahahahahahahaha....... trus dia kurang mencintai Edward ato gimana... Ekspresi dia kalo ngeliat Edward kayak jijik gitu... Mungkin gue terlalu larut dalam imajinasi gue pada saat baca novelnya kali yah...

Trus menurut gue penyutradaraan ini film juga kurang bagus... Too many annoying slow motions, Carlisle-nya terlalu muda (bisa dimengerti benernya), trus ya ga sreg aja...

Overall, gue suka novelnya tapi ngga fanatik2 amat. Seri keduanya gue tunggu gue udah lunasin buku2 gue yang lain baru deh gue baca. Kalo filmnya sich, ya buat cuci mata aja... Selebihnya ga gitu enjoy.. hehe :)

hampir kemalingan (lagi)

Balik ngantor..mampir ke kantor lama sebentar, ambil bukti potong pajak yg baru selese, trus langsung balik rumah..tiba2 nyokap bilang "tadi masuk maling lagi"

gue yang "MEH...lagi???"

trus diceritain deh

katanya ada 6 orang, pake 3 motor
yg 3 belaga pengen beli ini itu
yg satu pengen beli barang di pojok A
yg satu pengen beli barang di pojok B
yg satu pengen beli barang yg di display bawah, yg klo ngambil kudu jongkok


2 laennya,
yg 1 belaga nemenin temennya
yg 1 lagi (kata bokap badannya paling gede) nongkrong di depan.

bokap yg udah bisa 'ngebaca' orang2 kaya gini, langsung nutup celah dimana orang bisa masuk ke dalem pake tong gede yg kebetulan lagi kosong..trus ke depan, nongkrong di deket itu orang berbadan gede.

orang 1 nanya : ada ini ga?
bokap : ga ada !

orang 2 nanya : nih berapa duit?
bokap : itu kan ada harganya diliat aja

orang 3 dilayanin nyokap
yg akhirnya beli juga 1 barang

trus kata bokap gue sih, mereka akhirnya tau klo bokap gue ga bisa "kemakan" sama mereka dan MISSION FAILED !!

hahahahaah......TATIAAANNNNN DEH LOE

Bokap gue dilawan.

Klo pada berhasil masup juga masih ada pasukan bergigi taring..Noh anjing2 gue, sekarang ada 5 biji, sok dah dilawan...

mengingat usaha maling terakhir (sebelum yg ini) gagal karena anjing gue HAMPIR berhasil menggigit pantatnya...!!

ya jadi sodara2 sekalian, bagi yg orang tuanya punya toko, ato punya toko ndiri. mau itu toko apaan kek..ati2 klo ada orang2 yg berusaha 'ngegerecokkin'
biasanya mereka tuh bikin pemilik toko kewalahan nanggepin permintaan mereka, begitu lengah sedikit, langsung deh ada yg bertindak.

dan..jangan lupa piara anjing galak....hahahahahaha

Dikejar orang gila !

sungguh nyenyak tidurku kemarin malam…setelah berhari-hari tidak bisa tidur nyenyak karna terjaga tiap malam.

bangun tidur onlen bentar, cek e-mail trus chating ma temen bentar…karna masih pagi aku putuskan wat jalan-jalan pagi aja di sekitar komplek rumah dinas ( lumayan udaranya masih fresh ), wah asyik ternyata banyak juga ibu-ibu dan bapak-bapak yang lari pagi di sekitar komplek…

umm…niatnya sih lari pagi juga tapi mending jalan-jalan aja hehe pagi-pagi males bikin keringat ( bilang aja males olahraga,hehe ) saat sampai di taman tiba-tiba ngliat ada sesosok makhluk yang telanjang dada trus rambutnya terurai gak karuan di tambah lagi sesosok yang kemudian diketahui seorang pria itu ngomong sendiri..dalam hatiku orang itu sudah gila kali yah, udara dingin kayak gini telanjang dada!!!

nah saat aku berjalan mendekat note *bukan sengaja ngedeketin ntu pria lho, maksutnya aku pen duduk2 di taman geto sambil cuci mata* tiba-tiba pria itu melotot padaku, mengambil batu dan berdiri…tatapannya aneh belum sempat aku terduduk di bangku taman, aku mendengar seseorang berteriak padaku ((( awas mbak itu orang gila!!! )))

shadow : Wad the h*ll??? *sambil ngliatin reaksi orang gila itu oh my gosh!! aku baru sadar nek orang gila ntu hampir berlari mengejarku, spontan aku yang tadinya hendak duduk langsung kabur menyelamatkan diri.

ibuuuuuukkk tolong, orang-orang sekitar yang ngliat juga kalang kabut dan menyelamatkan diri masing-masing..di otakku tersirat pikiran * hey kenapa dia mengejarku?? bukankah banyak orang di situ??..orang gila itu terus mengejarku, dengan jurus langkah seribu akhirnya aku bisa lolos juga setelah muter-muter kompleks…beberapa kali aku menoleh ke belakang untuk memastikan bahwa aku benar-benar lolos, sampai akhirnya aku sampai lagi ke rumah dengan keringat bercucuran T_T..mimpi apa yah aku?? sungguh buruk pagi ku kemarin!! hiks tapi mungkin ada hikmahnya, bukane jalan pagi tapi akhire lari pagi juga hehe coba nek gak di kejar orang gila aku gak bakal keringetan gini .

Black Car Community (BCC)



Akhirnya Djarum Black menjadi partner yang tepat untuk mewujudkan obsesinya, dan club yang dibentuknya menjadi Djarum Black Car Community [DBCC] yang secara resmi diluncurkan pada Sabtu [29/4] kemarin dalam sebuah acara bertajuk Blacking Up The City! Pada peluncuran tersebut diresmikan pula bergabungnya 13 klub mobil hitam dari berbagai jenis.

Untuk Djarum Black Car Community sendiri telah memiliki anggota sebanyak 15 orang dengan beragam jenis mobil [MPV, Sedan, SUV, dll]. Sagoeh juga menjelaskan bahwa syarat untuk menjadi keanggotaanya tidak sulit, asal punya mobil warna hitam, dengan tahun perakitan/keluaran diatas tahun 2000 dan menjadi nilai tambah bila mobil telah mengalami sentuhan modifikasi, misalnya pada velg atau body kits.

Selain itu ada satu syarat lagi yang harus dipenuhi bagi calon anggota, yaitu mereka harus lulus seleksi mental dan psikologis. Menurut Sagoeh, sang ketua DBCC, hal ini perlu dilakukan mengingat BCC mengusung brand Djarum Black, jadi anggota harus benar-benar memahami dan mengetahui semangat didirikannya DBCC.

"Kami tidak ingin anggota kami nantinya membawa citra negatif bagi partner kami. Misalnya ugal-ugalan di jalan, atau melanggar aturan lalu lintas sehingga brand yang kami sandang justru malah menjadi negatif campaign," kata Sagoeh.

Sebelum menggandeng Djarum Black, Black Car Community yang dirintisnya sudah berjalan sejak 26 Juni 2005. Sebagai klub mobil hitam DBCC juga memiliki agenda pertemuan setiap dua minggu sekali di Plaza Barat Gelora Bung Karno.

"Setiap dua minggu sekali kami berkumpul di Plaza Barat Senayan. Banyak hal positif yang kami dapatkan dengan berkumpul. Kami bisa share tentang pengetahuan modifikasi mobil, audio, dan bahkan jika nyambung urusan bisnis juga bisa lancar disini," kata Sagoeh.

"Launching ini merupakan satu step kedepan bagi kami, dan Kami sangat berterima kasih kepada Djarum Black yang telah memfasilitasi kami untuk bisa mengembangkan klub ini lebih besar lagi agar tetap bisa mengapresiasikan hobby kami dan para Black Lover lainnya.